Selasa, 04 September 2012

Pemdes Adinuso Optimalisasi Sumber Air Bersih


Pemerintah Desa Adinuso Kecamatan Reban, Kabupaten Batang, melakukan optimalisasi sumber air “Lempong Kathok” di Bengkok Guru, sebagai upaya mengantisipasi terhambatnya pasokan air bersih terhadap pelanggan/warga memasuki musim kemarau yang panjang ini.


Petugas Perawatan & Pemeliharaan Air Bersih Desa Adinuso, Bohar, Senin, mengatakan bahwa sekarang ini sumber mata air yang ada di Lempong Kathok saat ini debit airnya sudah semakin berkurang, maka dari itu untuk mengantisipasinya akan dicarikan sumber mata air lain untuk digabungkan agar bisa mencukupi pasokan kebutuhan air bersih masyarakat.



Menurut Dia apabila di sekitar sumber mata air Lempong Kathok juga tidak mencukupi, maka akan diusahakan mesin penyedot untuk mengambil air dari aliran sungai yang ada di Kali Dukuh yang mana air tersebut kondisinya juga memenuhi standar air bersih. Sungai yang mengalir di Kali Dukuh tersebut merupakan sungai yang berasal dari sumber mata air “TUK LANANG” yang masih terjaga keasliannya dan sampai saat ini alirannya masih mencukupi untuk memenuhi kebutuhan warga.

Musim kemarau tahun ini diprediksi sampai  bulan November 2012 sehingga pasokan air di beberapa sumber air dan sumur kemungkinan akan berkurang.
Namun, sampai dengan saat ini belum ada laporan dari warga kekurangan air bersih, karena sejauh ini pasokan air masih lancar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar